February 23, 2015

Kabupaten Melawi

Tugu Kemerdekaan Kabupaten Melawi

Kabupaten Melawi merupakan salah satu kabupaten baru di Kalimantan Barat yang baru terbentuk tahun 2004. Kabupaten Melawi merupakan pemekaran dari Kabupaten Sintang. Dasar Pembentukan Kabupaten Melawi adalah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau di Propinsi Kalimantan Barat.

Pembentukan Kabupaten Melawi tersebut bertujuan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat yang berkembang di Kabupaten Sintang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Mayoritas penduduk di Kabupaten Melawi merupakan Suku Dayak. Di Kabupaten Melawi terdapat sebuah gerakan masyarakat, Gerakan Masyarakat Adat Kabupaten Melawi atau Gema Kami yang bertujuan untuk melakukan gerakan bersama-sama dengan masyarakat adat di Kabupaten Melawi dalam memperjuangkan hak-hak mereka atas sumber-sumber penghidupan. Gema Kami berdiri tahun 2006 dengan perwakilan dari 7 kecamatan di Kabupaten Melawi.

Kabupaten Melawi berbatasan langsung dengan Kabupaten Sintang (utara dan timur), Propinsi Kalimantan Tengah (selatan), dan Kabupaten Ketapang (barat).

Potensi alam yang dimiliki cukup melimpah. Wisata alam yang menjadi andalan yaitu Danau Lintah, Air Terjun Gurung Berasap, Air Terjun Nibung, Tugu Republik Indonesia Serikat (RIS), dan masih banyak lagi potensi wisata di Kabupaten Melawi.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment