March 1, 2015

Sajian Lezat Sotong Pangkong Pontianak

sotong pangkong kuliner khas pontianak

Membicarakan jenis kuliner setiap daerah pasti akan beragam hasilnya. Indonesia memiliki ratusan kuliner unik nan khas setiap daerahnya. Begitupun yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat terdapat makanan khas yang dinamai Sotong Pangkong.

Sotong Pangkong berasal dari dua suku kata, yaitu Sotong dan Pangkong. Sotong merupakan hewan laut sejenis cumi-cumi tetapi lebih besar dan Pangkong yang berarti pukul. Dapat disimpulkan bahwa Sotong Pangkong merupakan panganan yang berbahan dasar Sotong dibuat dengan cara dipukul-pukul atau dipipihkan.

Kuliner khas Pontianak ini hanya dapat dijumpai waktu bulan Ramadhan atau perayaan tertentu saja. Pembuatan panganan ini sangat mudah, dari bahan dasar Sotong yang telah dikeringkan, kemudian panggang menggunakan arang dan terakhir pipihkan atau pangkong supaya terasa renyah.

Sotong Pangkong akan terasa nikmat bila dimakan selagi hangat dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya lengkap dari manis, asin, gurih dan pedas. Harga panganan satu ini sangat terjangkau, mulai dari 4 hingga 15 ribu per porsinya.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment